Proses Pembuatan Helm Retro Kulit, Ketahanan Dan Kelebihannya

Helm retro kulit merupakan salah satu jenis helm yang kini banyak digunakan oleh kalangan pecinta klasik. Seperti helm pada umumnya, helm terdiri dari shell, peredam, batok, lapisan kulit sintetis di bagian luarnya dan kaca. Dengan harga yang relatif lebih tinggi dibanding helm cat biasa, helm retro kulit tetap memiliki banyak peminat. 

Pembuatan helm retro kulit

Helm retro kulit yang banyak digunakan umumnya terbagi ke dalam 2 tipe, yaitu helm retro kulit bogo dan helm kulit retro pilot. Dengan bidang helm yang luas dan tidak memiliki banyak lekukan, jenis helm ini sangat cocok ditempeli informasi berupa logo brand maupun perusahaan. 

Proses pembuatan helm retro kulit hampir sama dengan helm pabrikan lainnya. Bahan-bahan untuk membuat helm dapat diproduksi secara terpisah. Yang terpenting ukuran dari bahan-bahan tersebut harus pas dan menghasilkan bentuk helm yang solid ketika dirakit. Berikut ini bahan-bahan yang digunakan untuk merakit helm retro kulit:

  1. Batok yang telah dicetak, kaca, rachet dan variasi helm (jika ada). Bekas-bekas cetakan maupun kotoran harus dikerik dan dibersihkan sebelum dirakit. 
  2. Tali pengunci helm, komponen yang memiliki fungsi menjadi pengikat/pengunci helm ketika digunakan. 
  3. Bahan kulit oscar dicetak kemudian dipotong sesuai dengan ukurannya dan polanya. 
  4. Styrofoam, harus sesuai dengan ukuran batok helm. 
  5. List untuk menutup seluruh ujung helm. Bisa dari karet atau kulit
  6. Busa helm atau rok helm

Secara garis besar, proses pembuatan helm retro kulit dimulai dari proses pencetakan batok helm, pembuatan styrofoam, pembuatan busa helm, penyiapan kulit sintetis (print/kombinasi), pembuatan dan penempelan kulit serta pembuatan tali helm. Setelah semua komponen-komponen tersebut siap, masuk ke dalam proses perakitan. Proses ini membutuhkan ketelitian dan ketepatan tinggi untuk menciptakan bentuk helm yang sesuai dengan standar SNI. Proses pengerjaan bisa cepat atau tidak tergantung dari kesiapan tenaga dan bahan baku.

Ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk proses uji SNI seperti penyerap kejut, alat tracking point, alat uji penetrasi dan alat penguji sistem bahan. Proses pengujian dapat dimulai dari titik helm bagian depan, atas, samping kanan dan kiri, pengujian daya redam helm, pengujian kekuatan tali serta uji ketahanan helm terhadap benda tajam. Pengujian SNI dimaksudkan untuk memberi kualitas produk terbaik kepada pelanggan. Tidak hanya terlihat bagus, helm juga harus memenuhi standar aman saat digunakan berkendara. 

Tingkat ketahanan helm retro kulit

Satu buah helm kulit retro umumnya dapat bertahan selama 2 tahun dengan kualitas perawatan yang baik. Helm ini juga tahan terhadap perubahan cuaca baik hujan maupun panas karena berlapis dengan kulit sintesis. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki helm retro kulit:

  1. Memberikan kesan klasik dengan material awet

Bagi pengendara motor yang ingin terlihat klasik dengan gaya retro, menggunakan helm retro kulit adalah pilihan. Material kulit dengan warna coklat cenderung gelap memberikan kesan klasik yang semakin lekat. Dengan material yang awet, helm ini tahan terhadap perubahan cuaca, anti luntur dan anti pecah. 

  1. Sentuhan elegan dan mewah

Karakter helm kulit yang klasik memberikan sentuhan yang elegan dan mewah. Bentuk batok helm kulit yang berbeda dengan helm cat pada umumnya juga memberikan kesan yang berbeda. Menggunakan helm kulit dapat meningkatkan kepercayaan diri saat berkendara karena kesan elegan dan mewah yang dimiliki. 

  1. Perawatan mudah

Merawat bahan kulit jauh lebih mudah dibanding merawat helm cat karena tidak perlu dicuci dengan menggunakan sabun. Cara membersihkannya cukup mudah. Saat terdapat kotoran atau debu, cukup lap helm menggunakan lap lembab/setengah basah kemudian angin-anginkan. 

  1. Lebih mudah didapat

Helm retro kulit kini lebih mudah ditemukan di pasaran. Dengan kualitas yang mumpuni Anda tidak perlu merasa kesulitan untuk mendapatkannya. Membuat helm kulit secara custom sebagai media promosi pun menjadi jauh lebih mudah. 

  1. Yang menjadi nilai utama yitu; media kulit warna putih bisa dicetak dengan menggunakan printer berbahan tinta eco solvent. Sehingga apapun desainnya bisa diterapkan di helm retro kulit

Salah satu kekurangan yang dimiliki helm retro kulit adalah harga helm yang relatif lebih mahal dibanding helm jenis lainnya. Meski demikian, dengan harga tersebut Anda mendapatkan kualitas yang sebanding. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.