Print Kain Sublim Sebagai Solusi Custom Kain Sesuai Selera

Kaos Printing Sublime, Hasil Cepat dan Berkualitas

Gaya fashion semakin berkembang seiring teknologi yang dipakai mesin produksi dan kreativitas hingga selera penggunanya. Yang paling mencolok adalah kaos sablon yang cetakan desainnya semakin jelas, detil, dan bahkan 3 dimensi. Beragam teknik sablon yang memudahkan tujuan selera pemakainya semakin meningkatkan angka pemesanan dan penjualan. Salah satunya adalah penerapan teknik printing kain atau sublime kain.

Apa yang Dimaksud sebagai Printing Kain/Sublime Kain?

Khalayak mengenalnya sebagai teknik sablon kaos menggunakan mesin printer. Tentu saja mesin printer itu yang khusus untuk kain konveksi. Tapi apa sesederhana itu?

Printing kain/sublime kain adalah teknik printing gambar dari file digital yang dapat diaplikasikan langsung ke semua jenis medium, dan salah satunya kain. Tapi metodenya bukan dengan memasukkan kain ke dalam mesin printer kemudian mencetaknya. Teknik ini masih melalui proses pemindahan file desain ke kain kaos yang sebelumnya dicetak dulu dengan tinta ke kertas sebagai medium transfer. Kertas yang digunakan adalah kertas khusus sublimation dengan file desain yang dibalik sebelum dicetak (mirroring).

Sebenarnya jenis kertas yang digunakan bisa dari kertas HVS biasa, double matte, inkjet, dan lain-lain. Ukuran mesin printing ini biasanya sekitar 160 cm dan menyesuaikan jenis dan ukuran kertas yang hendak digunakan. Biasanya jenis kertas untuk sublime kain adalah kertas Roll to Roll yang harus diputar terlebih dahulu dalam suhu paling kecil 200 derajat celcius.

Dari penjabaran di atas, yang paling berpengaruh pada kualitas kaos printing adalah faktor medium transfer, tinta, dan tekanan panas yang digunakan selama mencetaknya.

Kaos hasil printing kain atau sublime ini memiliki segmen khusus yang menggemarinya. Karakteristik kaos hasil sublime ini adalah warna-warni yang menyelimuti hampir seluruh permukaan kain. Bagi sebagian orang mungkin konsep desain dan cetakannya terlalu mencolok. Tapi faktanya, jumlah peminat kaos ini semakin berkembang pesat, apalagi hasil printing sublime ini menunjukkan kualitas yang paten.

Kelebihan dan Kekurangan Kaos Printing Kain/Sublime Kain

Setiap hasil teknik cetakan kaos pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, berikut adalah kelebihan dan kekurangan kaos printing kain/sublime kain.

Kelebihan:

Pilihan Warna Beragam

Kaos printing kain/sublime kain dikenal dari warna-warnanya yang sangat bervariasi. Pengolahan desain dan pencetakan tinta memungkinkan pembuatnya mengekslorasi konsep sedetil mungkin. Ini adalah opsi yang sangat istimewa mengingat keterbatasan dari teknik sablon manual yang sering terbatasi oleh faktor warna yang dicetak biasanya agak berbeda dari file masternya.

Durasi Pengerjaan Singkat

Metode ini menggunakan medium kertas transfer sehingga proses pengerjannya pun lebih singkat dibandingkan metode manual. Cara memindah file desain ke kaos menjadi lebih praktis dan memuaskan klien karena tidak perlu menunggu berhari-hari.

Cepat Kering

Penggunaan mesin press digital memungkinkan hasil cetakan lebih cepat kering. Tidak perlu dijemur lama-lama dan cepat diserap oleh serat-serat kain kaos.

Full Desain

Hal inilah yang sering menarik perhatian karena sebuah kaos memiliki desain gambar yang full dan warna-warni. Hasil yang hampir tidak mungkin dikerjakan dengan teknik manual, dan jika digarap dengan teknik tersebut pun jatuhnya lebih mahal harganya.

Bisa Satuan

Sekarang ini nyaris setiap jasa membuka layanan produksi kaos desain sablon satuan. Begitu pula dengan hasil yang digarap menggunakan metode printing sublime di bahan kain kaos.

Kekurangan:

Hanya Bahan Kaos Tertentu

Teknik ini cuma bisa dikerjakan untuk bahan kain kaos tertentu yaitu polyster. Artinya, masih terbatas pada beberapa jenis kaos semisal jersey. Jadi, bagi yang menyukai bahan-bahan kain kaos lainnya masih belum dapat menikmati hasil penggarapan printing sublime.

Faktor Tinta dan Kertas Medium Transfer

Kadang kita menemukan beberapa kaos hasil printing sublime yang tidak maksimal khususnya dari warna karena kualitas tinta dan medium transfernya kurang memadai. Oleh sebab itu, jika menginginkan kualitas bagus harus memastikan pihak jasa yang hasil-hasilnya telah terbukti dan diakui.

Biaya Mahal

Kaos yang digarap dengan teknik ini tidak disarankan bagi yang hendak membeli dengan anggaran rendah atau harga standar kaos sablon. Pasalnya, biaya tinta dan kertas transfernya cenderung mahal, ditambah lagi penggunaan mesin printing khusus yang butuh pemeliharaan rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.